Selasa, 21 Februari 2012

Modal Ketangguhan


Robinson Cruzoe’s
menabung untuk menjadi lebih besar
dan ketangguhan tekad yang tertanam dalam jiwa.

KEKISRUHAN sepasang kekasih, Robinson Cruzoe dan Friday, bermula karena kekecewaan terhadap sebuah perselingkuhan. Kekecewaan pemuda Inggris Robinson Cruzoe membuat dia bertekad  pergi dari negaranya untuk memiliki kehidupan baru menuju suatu tempat yaitu Virgin Island. Ketika sampai di Virgin Island, ternyata pemuda Inggris ini terdampar. Tapi bekal rasa semangat yang sudah tertanam dalam dirinya, mulailah pemuda Inggris ini petualang dengan kehidupan barunya untuk bertahan hidup atas kekecewaannya terhadap perbuatan mantan kekasihnya.
Untuk tetap bertahan hidup pemuda Inggris ini harus makan dengan mencari ikan. Pada hari pertama memulai kehidupan barunya si Robinson mencari dan mendapatkan 4 ekor ikan. Dan hari kedua-ketiga si Robinson tetap mencari dan mendapatkan 4 ekor ikan sama seperti hari pertama dan dilakukan dengan menggunakan tangan seadanya. Pada ketiga hari itu di konsumsilah semua ikan hasil pencariaannya karena keadaan yang sangat lapar. Di hari ke empat dia memutuskan untuk menyisihkan 1 dari 4 ekor ikan hasil tangkapannya itu. Keputusan si Robinson ini dilakukannya sampai hari ke tujuh. Untuk hari ke tujuh dia mengkonsumsi hasil simpanannya dan dia berfikiran untuk berhenti beraktivitas. Waktu kosong yang tadinya untuk mencari dan mendapatkan ikan dia gunakan untuk membuat sebuah jala sebagai alat yang membantu dia untuk mendapatkan ikan lebih banyak.
Kemudian dengan adanya jala baru memungkin si Robinson mendapatkan ikan jauh lebih banyak dari pada menggunakan tangan tanpa alat. Dimana hari ke delapan si Robinson mendapatkan ikan 10 ekor dan ini hasil pencarian yang sangat luar biasa dibandingkan pada hari sebelumnya. Dengan keadaan yang sedang mabuk kepayang, dia menghabiskan semua tangkapannya. Namun di hari ke sepuluh dia kembali menyisihkan ikannya 4 dari 10 ekor hingga hari ke dua belas. Oleh karena itu pada hari ke dua belas si Robinson telah mampu menyimpan hingga 12 ekor ikan yang berarti dapat dikonsumsi untuk dua hari, tanpa dia pergi kelaut untuk mencari ikan, maka untuk hari ke tiga belas dan ke empat belas dia putuskan untuk membuat 2jala.
Pada hari ke lima belas si Robinson mampu memperoleh 2kali lipat ikan dengan 2jala. Di hari ke lima belas si Robinson telah mampu memperoleh 20 ekor ikan dimana hal tersebut merupakan sebuah pencarian dan pendapatan yang sangat banyak, padahal dia hanya membutuhkan 8 ekor ikan untuk dimakan, dan pada hari itu si Robinson dapat menyisihkan 12 ekor ikan dan begitu selanjut sampai hari ke tujuh belas dia mampu menyimpan 36 ekor ikan yang memungkinkan si Robinson bertahan dalam beberapa hari tanpa harus pergi mencari ikan, dan waktu kosong itu dapat dia gunakan untuk take-off dan pergi dari pulau tersebut.


Distorsi
Apa yang dapat ditarik dari pelajaran cerita di atas? Hasil rasa semangat yang tertanam sangat kuat dalam dirinya Robinson sebagai orang Inggris dan kemampuan berlayar yang hebat (menguasai bumi yang bulat) membuat Robinson pantang mundur berjuang. Intinnya kemampuan Robinson dalam bertahan hidup ketika terdampar di pulau tersebut adalah sebuah tekadnya yang tertanam kuat dalam dirinya sebagai seorang Inggris.

2 komentar:

  1. yeuh ini kan disharenya sebelum artikelnya dikumpulin mas, saya mana tau kalau artikel saya ini dapet nilai A hihihi

    BalasHapus