Segmentasi Pasar
Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa.
Segmentasi Pasar Global
Suatu proses membagi pasar dunia kedalam kelompok pelanggan tertentu yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa.
Dasar Segmentasi
Faktor2 yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda:
Faktor2 yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda:
- Geografis Wilayah, ukuran Kota, kepadatan, iklim
- Demografis kelamin, keluarga dan siklus hidup, Ras, pekerjaan, atau penghasilan ...
- Psychografis Gaya hidup & Kepribadian
- Perilaku Kejadian, Manfaat, guna, sikap
- Manfaat Benefit/Cost
Targeting
Suatu kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yg sdh teridentifikasi utk kemudian dipilih satu atau beberapa yang memiliki potensi tertinggi.
Kriteria Dasar Targeting
oUkuran Segmen dan Potensi Pertumbuhan
oPersaingan
oSesuai dan Layak
Tiga Kategori Dasar dlm Strategi Pasar Sasaran Global
oStandardized
Global Marketing
oConcentrated
Global Marketing
oDifferentiated
Global Marketing
Posisioning Produk Global
Penanaman suatu produk di benak konsumen
Pendekatan dalam posisioning global:
oHigh Tech Positioning
oHigh Touch Positioning
Diferensiasi Produk
Semua kegiatan yang
dilakukan seorang pengusaha atau pelaku pasar untuk menciptakan sebuah
perbedaan yang bertujuan memberikan nilai lebih kepada para konsumen.
Referensi:
http://bisnisukm.com/diferensiasi-produk-strategi-jitu-memenangkan-persaingan.html,