Senin, 05 Maret 2012

Komunikasi Massa (Dulu dan Sekarang)

Pengertian Proses Komunikasi
  • “communication is the act of sending ideas & opinions from one person to another”.
  • One to one, one to many, many to one, many to many. Komunikasi massa dikategorikan berada di ranah komunikasi One to Many.
  • Communicolog: membagi 3 jenis bagaiman manusia berkomunikasi.


- intra personal: komunikasi dengan pribadi sendiri.
- interpersonal
- mass communication

Apa sih! komunikasi massa itu
  •   Mass communication is communication from one person or a group of persons through a transmitting device ( medium) to large audiences or markets.
  •    Ada 6 pengertian:
  •    Sender, message, receiver, channel, feed back dan noise.
  •    The sender (or source) puts the message on what is called channel.
  •    Pada komunikasi massa : sender menaruh pesan di chanel/media (medium), untuk mendapatkan opini publik yang diharapkan oleh si sender tersebut. 

Elements mass communication
—  Sender: komunikator
—  Message: gagasan, ide, pemikiran ilmiah, opini, penolakan.
—  Medium: the means by which a message reaches the audience. The singular word from media.
—  Noise: distortion that interferes with clear communication
—  Feedback: a response sent back to the sender from the person who receives communication.

Definisi komas
—  Beberapa defenisi komunikasi massa.
—  Komunikasi massa adalah proses di mana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak (Ruben, 1992)
—  Komunikasi massa adalah pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang. (Bittner, 1980)
—  Komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. (DeFleur dan Denis, 1985) 

Pandangan kepada media konvensiona
  •    SMCR Model
       gate keepers: decide what will appear in the media
       agenda setting: the ability of the media to determine what is important.
       framing: the ability of media to create news under their point of view.
       Point of view: the way media to see fenomena as news. Sudut pandang.

Ciri2 komas
Komunikasi bersifat satu arah
    •   Tidak ada feedback dalam waktu yang sama.
    •   Penyiar radio, presenter.
    •   Pada koran, rubrik pembaca, surat pendengar (delayed feedback).


Komunikator harus melakukan perencanaan:
    Materi produksi iklan, pidato, naskah dll

Komunikator pada komunikasi melembaga.
  Komunikator kolektif (tersebar dari hasil kerja sama seorang) ada wartawan, redaksi, redaktur iklan,editor dll.

  Menyebarkan berita atas nama lembaga.

  Dikenal dalam bahasa asing “institutionalized communicator”  media massa sebagai suatu institusi atau organisasi

Pesan Bersifat Umum
  Pesan yang disebarkan melalui media massa bersifat umum (public) karena ditujukan kpd publik.
  Media massa vs media nir massa. Nir massa ,media yang ditujukan kepada orang atau kelompok tertentu.
  Untuk kepentingan umum. 

Media komunikasi massa meneimbulkan keserempakan.
  Dilihat dalam skala besar.
  Film juga berkata demikian dan menimbulkan kesan yang serempak.
  Hakikinya dikarenakan menimbulkan keserempakan (simultaneity)


Komunikan media massa bersifat heterogen
  Audiences bersifat heterogen.
  Pesan yang disampaikan akan diserap oleh siapa saja, segala umur, jenis kelamin, background pendidikan, pekerjaan.
  Kelompok sasaran, target groups
  Khalayak sasaran, Target audiences


Komas in daily live
  Memahami komunikasi massa tidak akan terlepas dari media massa, karena objek kajian terbesar adalah pada peran dan pengaruh yang dimainkan media massa. Di bawah ini akan diuraikan  faktor-faktor yang mendasar dari media massa:
  1.        media massa merupakan industri yang berubah dan berkembang yang menciptakan lapangan kerja, barang dan jasa serta menghidupkan industri lain yang terkait. Media juga merupakan industri sendiri yang memiliki peraturan dan norma-norma yang menghubungkan institusi tersebut dengan masyarakat dan institusi sosial lainnya. Di lain pihak, institusi media di atur oleh masyarakat.
  2.        media massa merupakan sumber kekuatan- alat kontrol, manajemen, inovasi dalam masyarakat  yang dapat didayagunakan sebagai penganti kekuatan atau sumber daya lainnya.  
3.        media merupakan forum atau agen yang semakin berperan untuk menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat, baik yang bertaraf nasional maupun internasional.
  4.        media seringkali berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan, bukan saja dalam pengertian pengembangan bentuk seni dan simbol tetapi juga dalam pengertian pengembangan tata cara, mode, gaya hidup dan norma-norma.
  5.        media telah menjadi sumber dominan bukan saja bagi individu untuk memperoleh gambaran dan citra realitas sosial, tetapi juga bagi masyarakat dan kelompok secara kolektif. Media menyuguhkan nilai-nilai dan penilaian normatif yang dibaurkan dengan berita dan hiburan.



Media massa sebagai pengawasan
—  Trias politika: yudikatif, legislatif dan eksekutif diatur sedemikian rupa untuk memiliki fungsi kontrol terhadap negara...
—  Apa yang terjadi bila mereka berselingkuh?
—  Pers memiliki peran fundamental sebagai pengatur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar