- “communication is the act of sending ideas & opinions from one person to another”.
- One to one, one to many, many to one, many to many. Komunikasi massa dikategorikan berada di ranah komunikasi One to Many.
- Communicolog: membagi 3 jenis bagaiman manusia berkomunikasi.
- intra
personal: komunikasi dengan pribadi sendiri.
-
interpersonal
- mass
communication
Apa
sih! komunikasi massa itu
- Mass communication is communication from one person or a group of persons through a transmitting device ( medium) to large audiences or markets.
- Ada 6 pengertian:
- Sender, message, receiver, channel, feed back dan noise.
- The sender (or source) puts the message on what is called channel.
- Pada komunikasi massa : sender menaruh pesan di chanel/media (medium), untuk mendapatkan opini publik yang diharapkan oleh si sender tersebut.
Sender:
komunikator
Message:
gagasan, ide, pemikiran ilmiah, opini, penolakan.
Medium:
the means by which a message reaches the audience. The singular word from
media.
Noise:
distortion that interferes with clear communication
Feedback:
a response sent back to the sender from the person who receives communication.
Definisi
komas
Beberapa
defenisi komunikasi massa.
Komunikasi
massa adalah proses di mana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi
untuk dikonsumsi oleh khalayak (Ruben, 1992)
Komunikasi
massa adalah pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah
orang. (Bittner, 1980)
Komunikasi
massa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media
untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan
makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan
berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. (DeFleur dan Denis, 1985)
Pandangan
kepada media konvensiona
- SMCR Model
agenda setting: the
ability of the media to determine what is important.
framing:
the ability of media to create news under their point of view.
Point
of view: the way media to see fenomena as news. Sudut pandang.
Ciri2
komas
Komunikasi bersifat satu arah
- Tidak ada feedback dalam waktu yang sama.
- Penyiar radio, presenter.
- Pada koran, rubrik pembaca, surat pendengar (delayed feedback).
Materi
produksi iklan, pidato, naskah dll
Komunikator pada komunikasi melembaga.
Komunikator
kolektif (tersebar dari hasil kerja sama seorang) ada wartawan, redaksi,
redaktur iklan,editor dll.
Menyebarkan
berita atas nama lembaga.
Dikenal
dalam bahasa asing “institutionalized communicator” media massa sebagai suatu institusi atau
organisasi
Pesan Bersifat Umum
Pesan
yang disebarkan melalui media massa bersifat umum (public) karena ditujukan kpd
publik.
Media
massa vs media nir massa. Nir massa ,media yang ditujukan kepada orang atau
kelompok tertentu.
Untuk
kepentingan umum.
Media komunikasi massa meneimbulkan keserempakan.
Dilihat
dalam skala besar.
Film
juga berkata demikian dan menimbulkan kesan yang serempak.
Hakikinya
dikarenakan menimbulkan keserempakan (simultaneity)
Komunikan
media massa bersifat heterogen
Audiences
bersifat heterogen.
Pesan
yang disampaikan akan diserap oleh siapa saja, segala umur, jenis kelamin,
background pendidikan, pekerjaan.
Kelompok
sasaran, target groups
Khalayak
sasaran, Target audiences
Komas
in daily live
Memahami
komunikasi massa tidak akan terlepas dari media massa, karena objek kajian
terbesar adalah pada peran dan pengaruh yang dimainkan media massa. Di bawah
ini akan diuraikan faktor-faktor yang mendasar dari media massa:
1.
media massa merupakan industri yang berubah dan berkembang yang menciptakan
lapangan kerja, barang dan jasa serta menghidupkan industri lain yang terkait.
Media juga merupakan industri sendiri yang memiliki peraturan dan norma-norma
yang menghubungkan institusi tersebut dengan masyarakat dan institusi sosial
lainnya. Di lain pihak, institusi media di atur oleh masyarakat.
2.
media massa merupakan sumber kekuatan- alat kontrol, manajemen, inovasi dalam
masyarakat yang dapat didayagunakan sebagai penganti kekuatan atau sumber
daya lainnya.
3.
media merupakan forum atau agen yang semakin berperan untuk menampilkan
peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat, baik yang bertaraf nasional maupun
internasional.
4.
media seringkali berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan, bukan saja
dalam pengertian pengembangan bentuk seni dan simbol tetapi juga dalam
pengertian pengembangan tata cara, mode, gaya hidup dan norma-norma.
5.
media telah menjadi sumber dominan bukan saja bagi individu untuk memperoleh
gambaran dan citra realitas sosial, tetapi juga bagi masyarakat dan kelompok
secara kolektif. Media menyuguhkan nilai-nilai dan penilaian normatif yang
dibaurkan dengan berita dan hiburan.
Media
massa sebagai pengawasan
Trias
politika: yudikatif, legislatif dan eksekutif diatur sedemikian rupa untuk
memiliki fungsi kontrol terhadap negara...
Apa
yang terjadi bila mereka berselingkuh?
Pers
memiliki peran fundamental sebagai pengatur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar